Bantaragung On Drone

Desa Wisata Bantaragung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia ini merupakan wisata Agroekoedukasi dan Orientasi Budaya yang dikembangkjan oleh masyarakat melalui pembinaan yang diberikan oleh pemerintah dengan potensi – potensi yang ada menjadi bermanfaat serta lebih meningkatkan kelestarian dan kecintaan terhadap lingkungan, alam, adat dan budaya. Baik untuk masyarakat sekitar, maupun yang berkunjung ke Desa Wisata Bantaragung.
Secara Topografis, Desa Bantaragung relatif pada hamparan berbukit – bukit yang dialiri dua sungai yaitu sungai Ciwaringin dan sungai Cijejeng. Sungai ini dimanfaatkan untuk pasokan irigasi lahan persawahan.
Secara administratif, wilayahh Desa Bantaragung memiliki batas sebagai berikut:
Sebelah utara : Desa Sindangwangi Kecamatan Sindangwangi
Sebelah selatan : Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai
Sebelah timur : Desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi
Sebelah barat : Desa Payung Kecamatan Rajagaluh
Luas wilayah Desa Bantaragung adalah 392,29 Ha. Sebagaimana wilayah tropis, Desa Bantaragung mengalami musim kemarau dan musim penghujan dalam tiap tahunnya. Rata – rata perbandingan musim penghujan lebih besar dari musim kemarau, hal itu disebabkan karena wilayah yang masih hijau dengan vegetasi serta relatif dekat dengan Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai.
Jarak pusat Desa dengan ibukota Kabupaten yang dapat ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 25 KM. Kondisi prasarana jalan poros desa yang masih berupa jalan kontruksi hotmix dengan kondisi rusak ringan mengakibatkan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor mencapai kurang lebih 40 Menit. Sedangkan jarak pusat Desa dengan Ibukota Kecamatan yang dapat ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 3 KM. Kondisi ruas jalan poros Desa yang dilalui juga berupa jalan konstruksi lapen dengan kondisi rusak ringan, mengakibatkan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor mencapai kurang lebih 10 Menit.
Desa Bantaragung merupakan wilayah paling potensial untuk usaha pertanian dan pengembangan wisata alam. Hal tersebut didukung oleh kondisi geografis serta alam yang masih hijau. Dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan potensi wisata alam diwujudkan dengan menetapkan wilayah Desa Bantaragung sebagai bagian Kawasan Wisata Sindangwangi (KAWITWANGI).
Berdasarkan kondisi desa ini, maka akan dijabarkan permasalahan, potensi, hingga daftar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang diprogramkan untuk 6 (enam) tahun.

Categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hallo Ada yang bisa kami bantu?
Send via WhatsApp